2500-an Koperasi di Papua Masih Aktif

2500-an Koperasi di Papua Masih Aktif Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi Papua, Kaleb Worobai. Foto: Khatarina Lita

KBR68H, Jayapura- Dinas Perindustrian dan Koperasi Papua mengklaim setiap tahunnya koperasi di Papua terus bertumbuh.

Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi Papua, Kaleb Worobai mengatakan, saat ini ada lebih 2500-an koperasi yang masih aktif di seluruh tanah Papua. Kebanyakan koperasi itu bergerak dalam bidang produksi dan simpan pinjam.

“Sampai saat ini dari tahun ke tahun kita punya jumlah koperasi itu bertambah terus, sekarang sudah 2500-an lebih untuk Papua saja, dan tiap tahun ada pertumbuhan. Bahwa kalau diamati ya 8 instansi yang menangani dari sisi pemberdayaan tidak sampai 15%. Kegiatan-kegiatan prioritas itu, di pendidikan 20%, kesehatan 15%, dibidang ekonomi juga kalau bisa 15% karena ini menyangkut perut manusia,” jelas Kaleb Worobai.

Dinas Perindustrian dan Koperasi setempat berharap, dana otsus yang selama ini digelontorkan untuk masyarakat asli Papua dapat diperuntukkan juga untuk pengembangan koperasi di Papua. Paling tidak dana yang digulirkan 5-15% untuk dukungan pembiayaan tersebut. (Katharina Lita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s