Pemprov Papua Belum Terima Laporan Kematian Warga di Yahukimo

Pemprov Papua Belum Terima Laporan Kematian Warga di YahukimoGubernur Lukas Enembe (kanan) dan Wakil Gubernur Papua (kiri) Klemen Tinal. Foto: Khatarina Lita

KBR68H, Jayapura- Pemprov Papua mengklaim belum mendapatkan laporan resmi dari Pemkab Yahukimo tentang kematian 61 orang warga di Kampung Semenage, Distrik Helenga, Yahukimo.

Gubernur Papua, Lukas Enembe menuturkan kasus kematian di kampung tersebut jangan dibesar-besarkan. Menurut dia, kadang kala kasus kematian di Papua dibuat untuk mendapatkan dana bantuan dari pihak lain.

“Jangan kita besar-besarkan lah, kita kan belum tau benar atau tidak ini karena  ini laporan kadang dibuat juga untuk dapat sentuhan apa begitu, percikan begitu. Saya harus lihat dulu,” kata Lukas Enembe.

Sebelumnya tokoh agama setempat, Pastor Johanes Jonga mengklaim dalam kurun waktu Janurai-Maret 2013, 61 orang meninggal dunia. Warga yang meninggal itu dikarenakan lumpuhnya pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Bupati Yahukimo Ones Pahabol mengklaim kematian warganya di kampung tersebut hanya dua sampai tiga orang sepanjang Januari-Maret 2013. Kematian warga juga diakibatkan penyakit yang wajar dan bukan karena wabah. (Katharina Lita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s