DPR Papua Minta Guru dan Sekolah Objektif dalam Kelulusan UN

DPR Papua Minta Guru dan Sekolah Objektif dalam Kelulusan UN Ketua Komisi E DPR Papua yang membidangi pendidikan, Kenius Kogoya. Foto: Khatarina Lita

KBR68H, Jayapura- DPR Papua bidang Pendidikan meminta sekolah dan guru tidak memaksakan siswanya lulus dalam ujian nasional (UN). 

Ketua Komisi E DPR Papua yang membidangi pendidikan, Kenius Kogoya menuturkan, kelulusan siswa di Papua harus karena prestasinya, bukan karena paksaan. Kelulusan ini juga diharapkan dapat objektif hasilnya.

“Kalau anak itu sudah siap untuk mengikuti ujian, saya pikir pasti mereka akan lulus dengan baik ya. Kami berharap jangan diluluskan, artinya bahasa diluluskan ini jangan dipaksakan untuk meluluskan yang memang tidak bisa bersaing, karena itu akan menyusahkan dia untuk tingkatan yang lebih diatasnya gitu, jadi betul-betul dia lulus karena prestasi, bukan diluluskan oleh guru, panitia,” kata Kenius Kogoya   

DPR Papua mengklaim selama ini tingkat kelulusan siswa terus dipaksakan, padahal banyak siswa yang belum mampu untuk melaksanakan UN di Papua. DPR Papua juga mempertanyakan jika kelulusan siswa di suatu daerah dapat 100 persen. Sebab kondisi nyata di lapangan menyebutkan banyak guru meninggalkan tempat tugasnya dan berdampak pada siswanya, misalnya seperti banyak siswa SD yang belum dapat membaca dan menulis.

Tahun ini lebih dari 100 ribuan siswa dari tingkat SD-SMA yang ikut UN. Peserta UN terbanyak ada di ada di Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Mimika. Sementara peserta terkecil berada di Kabupaten Nduga, Intan Jaya dan Puncak yang rata-rata pesertanya hanya 200-400 orang. (Katharina Lita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s