Gubernur Papua: Dana Otsus 80% untuk Kabupaten/Kota

Gubernur Papua: Dana Otsus 80% untuk Kabupaten/Kota Gubernur dan Wakil gubernur Papua. (Foto: Katharina Lita)

KBR68H, Jayapura- Pemprov Papua akan mengubah alokasi dana otsus untuk kabupaten/kota dan provinsi. Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbangda) mengatakan pembagian dana otsus untuk kabupaten/kota akan mengalir 80% dan sisanya 20% akan dikelola oleh provinsi.

Perubahan ini akan dilakukan dengan skema perencanaan dan pengendalian yang baik. Apalagi rakyat lebih banyak berada di kabupaten/kota. Perubahan dana otsus ini di era kepemimpinan sebelumnya dialokasikan 60% untuk provinsi dan sisanya 40% untuk kabupaten/kota.  

“Saya akan mendorong desentralisasi fiskal yang lebih besar ke kabupaten dan kota. Bupati tanda-tangan, kamu punya rakyat, kita tidak punya rakyat. Saya akan mengubah pola hubungan keuangan antara pemerintah provinsi dan kabupaten. Untuk itu sebanyak 80% akan disentralisaikan ke kabupaten/kota dan sisanya 20% sisanya ke provinsi,” kata Lukas Enembe.

Gubernur Papua, Lukas Enembe menambahkan untuk mendapatkan tata kelola yang baik dan bersih pihaknya akan melakukan audit keuangan, agar satu rupiahpun yang jatuh di Bumi Cenderawasih harus menghadirkan manfaat untuk kesejahteraan rakyat. (Katharina Lita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s