Pemkab Tolikara Bakal Relokasi Ratusan Rumah Pasca Gempa 7,2 SR

Pemkab Tolikara Bakal Relokasi Ratusan Rumah Pasca Gempa 7,2 SRBupati Tolikara Usma Wanimbo dan tokoh agama kunjungi warga Kembu pasca gempa.(Foto: Katharina Lita)

 KBR68H, Jayapura- Pemerintah Kabupaten Tolikara bakal merelokasi ratusan rumah yang rusak akibat tertimbun longsor pasca gempa 7,2 SR yang mengguncang daerah setempat beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah BPBD setempat, Feri Kogoya menuturkan pemukiman warga yang akan direlokasi terdapat di Distrik Kuyage, Kembu, Ndundu, Panaga atau lebih tepatnya di daerah utara Tolikara atau tepatnya distrik yang berbatasan langsung dengan Mamberamo. Pihaknya mengklaim lokasi pemindahan warga tidak akan jauh dari tempat sebelumnya.

“Rumah-rumah sudah tertimbun oleh tanah longsor, sehingga dalam waktu dekat ini kami ada buat tim dari dinas terkait, sehingga akan kami memindahkan warga yang kena bencana. Nanti kita mencari tempat yang dianggap aman dan layak dari sisi kedudukan lokasi itu, mungkin nyaman tidak mudah longsor. Daerah Tolikara ini memang kemiringan tanah, banyak kali-kali terus disitu punya jenis tanah yang mudah longsor,” kata Feri Kogoya.

Kepala BPBD setempat, Feri Kogoya menambahkan akibat gempa yang melanda daerah itu, beberapa fasilitas umum seperti jembatan, gereja dan sekolah rusak. Pihaknya belum memastikan jumlah dan kerugian akibat gempa.

Sebelumnya gempa 7,2 SR mengguncang Kabupaten Tolikara. Gempa terjadi di kedalaman 173 km darat. Lokasi gempa terjadi di  3,20 lintang selatan dan 138,75 bujur timur atau 56 km timur laut Tolikara. Gempa tersebut juga dapat dirasakan di Kabupaten dan Kota Jayapura, Sarmi, Wamena  sekitar 4 MMI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s