Pasca Gempa, Warga 4 Distrik di Tolikara Terancam Kelaparan

Pasca Gempa, Warga 4 Distrik di Tolikara Terancam KelaparanWarga distrik kembu pasca gempa. (Foto: Katharina Lita)

KBR68H, Jayapura- Ratusan warga yang bermukim empat distrik di Kabupaten Tolikara yakni Distrik Kuyage, Kembu, Ndundu, Panaga terancam kelaparan karena kebun mereka rusak, pasca gempa 7,2 SR yang mengguncang Tolikara beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD setempat, Feri Kogoya mengklaim pendropingan obat dan makanan terus dilakukan dengan menggunakan helicopter sewaan, namun beberapa kali terhalang oleh cuaca.

“Kami dari masyarakat gunung ini kan biasa kehidupannya berkebun. Jadi kebun mereka rusak total maka butuh makan itu, perlu harus ada perhatian. (Apa yang didroping?) Ya kami droping sana antara lain beras, gula kemudian bantuan tenda, selimut, pakaian yang dianggap menjadi kebutuhan yang sangat mendesak,” kata Feri Kogoya.

Sebelumnya gempa 7,2 SR mengguncang Kabupaten Tolikara. Gempa terjadi di kedalaman 173 km darat. Lokasi gempa terjadi di  3,20 lintang selatan dan 138,75 bujur timur atau 56 km timur laut Tolikara. Gempa tersebut juga dapat dirasakan di Kabupaten dan Kota Jayapura, Sarmi, Wamena  sekitar 4 MMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s