Museum Noken Resmi Dibangun di Papua

 Museum Noken Resmi Dibangun di Papua Menteri Pendidikan M Nuh saat peletakan batu pertama pembangunan Museum Noken di Papua. (Foto: Katharina Lita)

KBR68H, Jayapura- Mendikbud, Muhammad Nuh hari ini melakukan peletakan batu pertama pembangunan Museum Noken di Waena, Abepura. Museum tersebut mempunyai luas 5000-an M2 dan dibangun dengan menggunakan dana APBN sekitar Rp 5 miliar. Pihaknya mengharapkan museum tersebut dapat selesai pada tahun 2014 mendatang. Noken  merupakan hasil rajutan atau anyaman tangan penduduk asli Papua yang telah ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan budaya dunia tak benda atau tak bergerak.

“Museum itu untuk menghindari terjadinya diskoneksi peradaban dan kita bisa membayangkan kalau tidak ada musem, tidak tahu 30, 100 tahun yang lalu apa yang terjadi, oleh karena itu keberadaan museum ini untuk menyambung konektifitas peradaban sebenarnya. Dengan adanya museum ini, Museum Noken yang nanti kita dirikan yang sekarang, 100, 200 tahun yang akan datang orang masih nyambung,’ jelas Muhammad Nuh. 

Mendikbud, Muhammad Nuh menambahkan pihaknya akan melengkapi arkeolog di museum tersebut agar dapat diketahui secara benar kapan setiap temuan ini ditemukan dan juga makna yang terkandung didalam temuan-temuan tersebut.

Dalam kunjungannya ke Papua, Mendikbud juga melakukan penanda-tanganan prasasti pembangunan Institut Seni Budaya Indonesia-Papua dan juga penetapan kopertis wilayah 14 Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s