Mendagri Desak Ada Perdasus Pembagian Dana Otsus Papua

Mendagri Desak Ada Perdasus Pembagian Dana Otsus PapuaRapat koordinasi Menkopolhukam dan sejumlah menteri di Papua. (Foto: Katharina Lita)

KBR68H, Jayapura- Mendagri Gamawan Fauzi mendesak DPR Papua, Pemprov Papua dan juga Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk menerbitkan perdasus tentang pembagian dan penerimaan dana otsus bagi kabupaten dan kota di Papua. Desakan ini disampaikan saat rapat koordinasi Menkopolhukam dan sejumlah menteri di Papua hari ini.

Dalam arahan singkatnya Mendagri mengklaim Provinsi Papua telah merampungkan 7 perdasus dan 8 perdasi, yang sedang dalam proses penggodokan ada 5 perdasus dan 8 perdasi. Sementara yang belum dibahas ada 1 perdasus dan 2 perdasi. Mendagri mengklaim penyelesaian perdasi/perdasus di Papua sebagai kelengkapan dari UU Otsus cukup baik, dibandingkan dengan Papua Barat.

“Yang belum itu antaralain belum ada perdasus tentang pembagian dan pengelolaan penerimaan dalam rangka pelaksanaan otonomi khusus Papua. Pergubnya sudah, kalau di saya ini dipromosikan produk ini menjadi perdasus sehingga pembagian berapa persen untuk provinsi, berapa persen untuk kabupaten/kota itu sudah dalam produk perda, karena ini pesan dari undang-undang. Dana alokasi yang sudah dan ini akan terus dilanjutkan oleh pemerintah,”jelas Gamawan Fauzi.

Sejumlah menteri yang datang hari ini diantaranya Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, Menteri Lingkungan Hidup Bert Kambuaya, Wakil Menteri PU Hermanto Dardak dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Panglima TNI Agus Suhartono dan Kapolri Timur Pradopo. Sejumlah menteri ini datang sehari pasca pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe- Klemen Tinal.

Dalam pertemuan itu, para menteri mendengar secara langsung kendala pembangunan Papua, sehingga terkesan lamban dan apa saja yang dicapai selama pelaksanaan otonomi khusus sekitar 12 tahun terakhir. Dalam pertemuan lebih fokus pada masalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perhubungan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s