Januari-Maret, 61 Warga Yahukimo Tewas Akibat Buruknya Pelayanan Kesehatan

Januari-Maret, 61 Warga Yahukimo Tewas Akibat Buruknya Pelayanan Kesehatan Pastor Jhon Djonga. (Foto: Spedy Paereng)

KBR68H, Jayapura- Sekitar 61 orang meninggal dalam kurun waktu 15 Januari hingga 30 Maret di Distrik Samenage di Kabupaten Yahukimo, Papua.

Tokoh Gereja Katolik di Wemena Pastor Jhon Djonga mengatakan, rata-rata mereka meninggal karena berbagai penyakit akibat buruknya palayanan kesehatan di distrik tersebut.

“Di distrik Saminage ini tidak ada palayanan kesehatan dan itu sudah belangsung bertahun-tahun. Hanya ada dua kader lokal yang SDMnya masih sangat terbatas. Displin ilmu mereka juga hanya melalui pelatihan,”jelasnya.

Kata Jhon, buruknya palayanan pemerintah di daerah itu mengakibatkan masyarakat merasa tidak memiliki pemerintahan. Kepala Distrik dan Kepala Kampung lebih banyak berada di kota. Sementara Bupati Yahukimo Ones Pahabol juga tidak pernah berkunjung ke Distrik Samenage.

Jhon menambahkan, data ini diambil setelah dirinya melakukan kunjungan ke 9 kampung yang ada di Distrik Samenage. “Kunjungan ke kampung-kampung kami lakukan dengan pendekatan pastoral dan ini merupakan laporan masyarakat dari setiap kampung tersebut,” ujarnya.

Ia berharap, melalui Pemerintahan Provinsi yang baru ini lebih banyak melihat daerah-daerah pedalaman Papua karena sangat sangat tidak diperhatikan dari semua segi terutama kebutuhan dasar masyarakat Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s