Pendidikan di Yahukimo Lumpuh

KBR68H, Jayapura – Asosiasi Mahasiswa Pemuda Peduli Pendidikan Di Kabupaten Yahukimo (AMP3KY) mengklaim ratusan sekolah di 51 distrik di kabupaten Yahukimo sejak 6 tahun lalu tidak ada proses belajar mengajar.

 

Ketua AMP3KY, Bernardus Aheon mengatakan selama ini, proses belajar mengajar hanya terjadi di Dekay, ibukota kabupaten. Kalaupun ada proses belajar mengajar, guru yang mengajar anak-anak usia sekolah, berasal dari masyarakat setempat.

 

Jadi perkembangan yang ada disana itu ada sekolah yang korban sampai 6 tahun. Itu tidak pernah mereka, maksudnya guru-guru aktif ada yang sudah tutup tapi e nurut pandangan masyarakat sekolah itu sudah tutup, ternyata maksudnya guru-guru yang ditugaskan disana itu masih ada gaji-gaji dan ini masih di ini lagi, masih jalan, seperti itu. jadi kami sangat berharap kepada dinas-dinas terkait terutama P dan P untuk melihat kondisi ini,” kata  Bernardus Aheon kepada KBR68H.

 

AMP3KY mengklaim telah mengadukan kasus ini ke dinas pendidikan setempat dan bupati setempat, namun tidak pernah ditanggapi. Sehingga pihaknya terpaksa langsung mengadukan masalah pendidikan ini ke dinas pendidikan provinsi seteampat. (Katharina Lita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s