Kalah di PTUN Jayapura, Penjabat Gubernur Papua Ajukan Banding

KBR68H, Jayapura- Penjabat Gubernur Papua, Constant Karma akan melakukan banding ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar, terkait putusan PTUN Jayapura yang memenangkan gugatan Jansen Monim-bekas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua.

Dirinya yakin akan memangkan proses hukum tersebut, sebab pergantian Jansen Monim atas jabatannya sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua, telah melalui prosedur hukum tetap.

“Naik banding, biasa kan? Makassar kalah, naik lagi ke Mahkamah Agung kan? (ga ada masalah ya pak?) Ga ada masalah. Masalahnya apa? Ini kan prosedur pemerintah kan? Yang kalah pemilukada ke MK juga. Tapi itu era demokrasi pak prof ya? Ya. Jadi seluruh prosedur kita juga harus baik, tercatat dengan baik. Tapi waktu mau prajab seluruh prosedur kami juga di kapan kami rapat, siapa hadir, kan semua terpenuhi dengan baik. Karena kalau tidak kan bahaya,” kata Constant Karma.

Sebelumnya, bekas Kepala Dinas PU Jansen Monim menggugat Penjabat Gubernur Papua Constant Karma, karena dicopot dari jabatannya pada awal Februari lalu. Saat itu, Jansen Monim digantikan oleh Michael Kambuaya. Jansen Monim mengklaim tak diberitahu dan tak mengerti alasan dirinya dicopot dari jabatannya tersebut.

Dalam putusan sidang PTUN Jayapura bernomor perkara 04/6/2013/PTUN.JPR, salah satunya menyebutkan bahwa jabatan Penjabat Gubernur Papua melarang untuk pergantian pejabat dilingkungannya. Penjabat Gubernur Papua hanya diperbolehkan melakukan mutasi yang telah disetujui oleh Mendagri. (Katharina Lita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s