Ratusan Warga Toraja di Papua Sambut Obor Pekabaran Injil

Ratusan Warga Toraja di Papua Sambut Obor Pekabaran InjilObor Toraja di Papua. Foto: Khatarina Lita

KBR68H, Jayapura – Warga Toraja di Papua  menyambut obor peringatan 100 tahun Injil masuk di Toraja, Sulawesi Selatan. Obor dibawa langsung dari Toraja oleh Yulius Palulungan dan disambut meriah di Bandara Sentani Jayapura.

Kehadiran obor tersebut di Jayapura mejadi bagian dari acara peringatan 100 tahun Injil masuk di Tana Toraja yang akan diperingati pada Juni-Juli 2013 mendatang di Tana Toraja.

“Obor ini sudah dibawa ke seluruh penjuru Indonesia dimana masyarakat Toraja berada. Maksudnya adalah kemanapun orang Toraja merantau dan menetep, ajaran Injil sebagai dasar ajaran Umat Kristiani tetap menyala dalam kehidupannya dan menjadi terang disekitarnya,” kata Yulius Palulungan di Jayapura, hari ini.

Arak-arakan obor 100 tahun Injil masuk Toraja diikuti ratusan Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Papua untuk dibawa langsung ke Sinode Gereja Kristen Injili (GKI)  di Tanah Papua.

“Setelah obor ini singgah di GKI di Argapura Jayapura, obor selanjutnya akan dibawa ke Tongkonan (rumah adat Toraja) di Kotaraja, Abepura dan rencananya obor akan dibawa ke kabupaten lain di Papua,” kata Ketua IKT Papua, Yohanis Rante.

Lanjut Yohanis, saat ini ada ratusan ribu warga Toraja yang berada di Papua menjadi anggota gereja sesuai dengan alirannya. Kebanyakan dari warga Toraja yang ada di Papua telah menggabungkan diri ke dalam GKI  di Tanah Papua.

“Pada peringatan 100 tahun Injil masuk Toraja yang akan dipusatkan di Tana Toraja, akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti kegiatan social, kegiatan wisata. Peringatan 100 tahun injil masuk Toraja akan menjadi ajang pertemuan warga Toraja, baik yang sesama perantau maupun dengan warga Toraja yang menetap di Toraja,’’ kata Ketua panitia di Papua untuk peringatan 100 tahun injil masuk Toraja, Daniel Garden. (Katharina Lita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s