6 Penambang Tewas, Kapolda Papua Minta Warga Tenang

6 Penambang Tewas, Kapolda Papua Minta Warga TenangKapolda Papua, Tito Karnavian saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: Spedy Paereng)

 KBR68H, Timika- Kepala Kepolisian Daerah Papua, Tito Karnavian di Timika meminta pihak-pihak yang terlibat konflik di Timika menahan diri dan menyerahkan kasus tewasnya 6 orang pendulang emastradisional kepada kepolisian.

Kata Tito, Polda Papua telah mengirim tim investigasi untuk membantu Polres Mimika dalam mengungkap siapa pelaku pembunuhan 6 orang pendulang tradisional dalam sepekan terakhir.

“Saya minta masyarakat tenang dan tidak melakukan gerakan tambahan karena akan merugikan diri sendiri. Selain itu akan menciptakan situasi yang tidak aman di Timika,” ujar Tito.

Tito mengklaim, saat ini situasi Kota Timika maupun di lokasi pendulangan Mile 31 hingga Mile 50 sudah mulai aman. Satuan Tugas Amole, Pengamanan Obvitnas PT Freeport Indonesia terus melakukan penjagaan agar kejadian ini tidak terulang lagi.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan dialog dengan Pemda Mimika, Tokoh Masyarakat dan Keluarga Korban untuk mencari solusi terbaik agar persoalan ini secepatnya selesai.

“Saya juga meminta masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu yang disebarkan melalui pesan singkat untuk membuat situasi tidak aman di Timika. Dalam situasi begini mulai ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi guna memperkeruh suasana sehingga bisa mengakibatkan masyarakat merasa resah,” jelasnya.

Dalam sepekan terakhir 6 orang pendulang tradisional tewas setelah dipanah dan bacok oleh orang tak dikenal di area PT Freeport Indonesia.

Situasi ini mengakibat warga Kota Timika merasa resah karena isu-isu akan adanya penyerangan dari kelompok warga tertentu kepada kelompok warga yang diduga sebagai pelaku.

Pihak keluarga korban meminta agar pihak kepolisian segera menangkap dan menghukum pelakunya seberat-beratnya karena perbuatan tersebut sangat tidak berperikemanusiaan. (Spedy Paereng).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s