Saksi Minim, Polisi Sulit Ungkap Pelaku Penyerangan Warga Timika

 

Saksi Minim, Polisi Sulit Ungkap Pelaku Penyerangan Warga Timika Masyarakat Papua menjadikan panah sebagai senjata tradisional yang digunakan saat berperang. (Foto: Andi Iriani)

KBR68H, Jayapura – Polisi terus memburu pelaku penyerangan yang menewaskan enam orang pendulang emas tradisional, di Kwamki Lama area PT. Freeport Indonesia, Timika Papua dalam sepekan terakhir ini.

Wakil Kepala Kepolisian Papua, Paulus Waterpauw mengaku, pihaknya kesulitan dalam mengumpulkan bukti bukti dan saksi. Sebab korban selamat maupun warga setempat enggan diperiksa.

“Dengan berdasarkan laporan polisi dan dari para korban masing masing, kemudian kita kumpulkan bukti bukti kita terus mencari para pelaku itu. Jadi ya, saya pikir langkah yag perlu kita lakukan bersama adalah upaya membangun sebuah komunikasi. Justru kami sangat mengharapkan bantuan dari masyarakat yang memang mengalami kekerasan kekerasan itu,” ungkap Waterpauw.

Wakil Kepala Kepolisian Papua, Paulus Waterpauw mengaku, sudah menurunkan tim penyidik dan intelijen untuk memback up Kepolisian Mimika dalam proses penyelidikan penyidikan. Disamping itu upaya negosiasi terus dilakukan dengan kedua belah pihak. Baik warga yang diduga melakukan penyerangan maupun keluarga para korban. Dia menambahkan, hingga saat ini lokasi kejadian sudah dijaga oleh aparat Kepolisian dibantu TNI setempat.

Sebelumnya, pada 15 Maret lalu terjadi penyerangan terhadap beberapa orang pendulang emas oleh sekelompok warga yang tinggal di area pendulangan. Penyerangan itu diduga karena warga setempat menuding para pendulang tersebut sering mencuri ternak peliharaan mereka. Dalam penyerangan itu satu orang tewas, dan dua lainnya luka luka. Selang beberapa hari kemudian, penyerangan kembali terjadi dan menewaskan lima pendulang lainnya. Para korban tewas dengan luka panah dan bacokan di sekujur tubuh mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s