Realisasi Pajak Papua Capai Rp 1 Triliun Lebih

Realisasi Pajak Papua Capai Rp 1 Triliun Lebih

Ilustrasi: Logo Direktorat Jenderal Pajak

KBR68H, Jayapura – Realisasi penerimaan pajak di Papua pada triwulan 2013 telah mencapai lebih dari Rp 1 Trilyun atau 12 persen dari target penerimaan pajak tahun ini.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jayapura Amir Mahmud menyebutkan, tahun ini target penerimaan pajak untuk wilayah Maluku Papua sebesar Rp 9,13 Trilyun atau naik 37 persen dari rencana penerimaan pajak tahun lalu. Penerimaan ini termasuk dari sektor pajak bumi dan bangunan.

“Sampai dengan Maret pertengahan 2013 realisasi penerimaan di kami baru mmencapai Rp 1,08 triliun atau masih 11,9 persen dari rencana penerimaan tahun 2013,” katanya.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jayapura Amir Mahmud menambahkan, pada 2012 lalu total penerimaan pajak Papua Maluku sebesar Rp 6,75 Trilyun. Ini melampaui target lebih dari seratus persen.

“Kita patut berbangga karena pertumbuhan kami di 2012 mencapai 35 persen. Sehingga Papua menduduki rangking kedua secara nasional dari segi pertumbuhan,” ujarnya.

Lebih jauh katanya, untuk merealisasikan rencana penerimaan tersebut tidaklah mudah. Oleh sebab itu butuh kerja keras oleh jajarannya dan kerja sama yang baik dengan lembaga pemerintah, pihak swasta, terlebih masyarakat  wajib pajak. Sehingga target yang diamanatkan tahun ini bisa terealisir. (Andi Iriani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s