Pantau Dana APBD dan Otsus, PCW Gandeng Belasan LSM

Pantau Dana APBD dan Otsus, PCW Gandeng Belasan LSM Ilustrasi

KBR68H, Jayapura – Papua Corruption Watch (PCW) bersama 13 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mendirikan Aliansi Transparansi Anggaran untuk Papua atau disingkat ATAP. Aliansi ini bertujuan untuk melakukan monitoring atau pengawasan serta implementasi penggunaan dana APBD dan Otonomi Khusus di Papua ke depan.

Ketua Papua Corruption Watch Hans Nelson Paiki mengaku, aliansi ini sebenarnya sudah terbentuk sejak Desember 2011 dengan difasilitasi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) PATIRO, namun baru akan mulai bekerja pada Juni mendatang.

“Jadi teman teman akan ada semacam survey begitu ke masyarakat terkait dengan pelaksanaan impelementasi dana otsus sudah sejauh mana. Kita coba untuk himpun itu dulu dari masyarakat, kita akan godok, kita kelola trus kemudian kita bagi ke teman teman. Kalau memang ada permasalahan di tingkat ekonomi kerakyatan misalnya, teman teman yang punya tugas NGO yang ada disitu mereka harus melakukan apa dengan program baru itu. Jadiharapan kita di tahun 2013 ini, teman teman NGO punya program yang selaras,” jelas Nelson Paiki.

Ketua Papua Corruption Watch, Hans Nelson Paiki menambahkan, saat ini pengamatan aliansi ATAP untuk penggunaan dana APBD maupun Otsus masih di tingkat kota Jayapura dan Provinsi Papua. Meski demikian, di beberapa kabupaten juga sudah ada seperti di kabupaten Keerom, Supiori dan Merauke.

“Di tiga kabupaten ini nantinya akan dijadikan pilot project. Ya, kita harapkan ke depan Aliansi ini sudah bisa terbentuk di 29 Kabupaten/Kota di Papua,” harapnya. (Andi Iriani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s