Bangun Papua, Gubernur Terpilih akan Libatkan Kelompok OPM

Bangun Papua, Gubernur Terpilih akan Libatkan Kelompok OPM Gubernur Papua terpilih Lukas Enembe dan istri. Foto: Khatarina Lita

KBR68H, Jakarta- Gubernur Papua terpilih, Lukas Enembe berjanji akan melibatkan kelompok garis kerasyang selama ini memperjuangkan kemerdekaan di Papua. Saat ini ia dan beberapa tim khusus terus melakukan komunikasi dengan kelompok garis keras hingga ke markas-markas kelompok ini, khususnya di Pegunungan tengah Papua.

Dalam komunikasi tersebut, Lukas Enembe bersama dengan timnya akan mendiskusikan keinginan kelompok ini, sambil mengambil langkah-langkah dari Pemerintah Papua. Dalam komunikasi dengan kelompok yang sering berseberangan dengan pemerintah, Lukas dan timnya berjanji akan lebih mengedepankan komunikasi keluarga dan adat setempat.

“Negosiasi, kemudian ada kompensasi  kemudian ada pembangunan berkelanjutan. Kira-kira mau mereka apa, kalau boleh negosiasi, seperti apa untuk sadarkan mereka bahwa kita kembali bergabung untuk membangun Papua secara utuh. Ada kerugian secara adat, oke kita selesaikan. Kalau perlu kita rangkul mereka, kita angkat mereka seperti apa. Kalau mau jadi tentara, kita angkat mereka, kalau mau jadi kepala distrik, kita angkat mereka. Ini harus dilakukan,” kata Lukas Enembe.

Gubernur Papua terpilih, Lukas Enembe menambahkan sambil terus berkomunikasi, daerah di sekitar markas kelompok ini akan terus dibangun dan difasilitasi. Ia mengklaim akan mengedepankan akses infrastruktur, pendidikan, kesehatan serta pasar tradisional sebagai pengembangan ekonomi rakyat. 

Lukas Enembe-Klemen Tinal resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2013-2018, pasca Mahkamah Konstitusi membatalkan gugatan lima kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Papua atas hasil pleno KPU setempat yang menetapkan pasangan yang diusung oleh partai Demokrat ini unggul pada Pilgub Papua yang berlangsung 29 Januari lalu.  (Katharina Lita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s