Pemkab Jayawijaya Berharap Tahun Ini Kota Lembah Baliem Bisa Diresmikan

Pemkab Jayawijaya Berharap Tahun Ini Kota Lembah Baliem Bisa DiresmikanIlustrasi: Logo Kabupaten Jayawijaya

 

KBR68H, Jayapura – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya terus berupaya mendorong pendirian Kota Lembah Baliem sebagai Kotamadya.

Bupati Jayawijaya Jhon Wempi Wetipo mengaku, salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah dengan mempresentasikan pendirian Daerah Otonomi Baru (DOB) ini baik di tingkat provinsi maupun pusat, dan mendapat respon cukup positif. Sehingga, kata dia, diharapkan dalam tahun ini apa yang menjadi keinginan pemerintah dan masyarakat Jayawijaya bisa terwujud.

“Kita berharap bahwa komitmen kita ini, untuk mewujudkan ini karena jaraknya juga tidak terlalu jauh. Ini juga kan semata mata bagaimana membantu masyarakat untuk memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintahan. Bukan hanya sekedar itu, tetapi juga dari aspek keamanan dan seterusnya juga kan kita jalan supaya wamena menjadi center dan ikon wilayah pegunungan tengah papua ini bisa berjalan dengan baik,” harap Jhon Wetipo.

Bupati Jayawijaya Jhon Wempi Wetipo mengklaim, segala persyaratan untuk pendirian daerah otonomi sudah dipenuhi seperti luas wilayah, jumlah penduduk, termasuk kesiapan infrastruktur. 

Ia mengakui, masyarakat setempat sudah memberikan lahan 100 hektar untuk pendirian kantor Bupati secara sukarela. Meski begitu pemerintah akan tetap membayar ganti rugi tanah milik mereka. Sedangkan untuk infrastruktur pendukung lainnya, lanjut dia, akan mulai dibangun tahun depan. (Andi Iriani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s