Kodam Cendrawasih Tambah Pasukan Ke Sinak

Kodam Cendrawasih Tambah Pasukan Ke Sinakilustrasi (foto: Antara)

KBR68H, Jayapura – TNI mengirim sebanyak 10 pasukan tambahan ke kawasan Sinak,Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Pengiriman pasukan berasal dari Kodam Cenderawasih.

Juru bicara Kodam Cenderawasih Jansens Simanjuntak mengatakan, pengiriman pasukan itu untuk mengawal evakuasi jenazah anggota TNI yang menjadi korban serangan dari kelompok sipil bersenjata, Kamis kemarin.

Penambahan pasukan juga dilakukan karena sampai saat ini TNI belum bisa memukul mundur kelompok bersenjata di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak. Jansen mengatakan, TNI hanya bisa mendorong mundur kelompok bersenjata itu beberapa kilometer saja, agar jenasah anggota TNI dapat diambil dari lokasi kejadian.

“(ini gangguannya?) Ya dari jauh, tapi kan yang namanya peluru itu biarpun jauh tapi kan tidak punya mata dia. (Apakah kemarin ga berhasil dipukul mundur atau bagaimana, kok bisa sampai pagi ini masih ada ?) Kemarin itu kan keburu sore, dia dijauhkan untuk ngambil jenasah, dia datang lagi dong, itu kan wilayahnya dia, dia lebih tau dia,” kata Jansen Simanjuntak.

TNI menduga kelompok bersenjata itu masih berada di sekitar lokasi kejadian. Pagi tadi, TNI mengirim tiga helikopter jenis Puma ke Tingginambut dan Sinak untuk mengevakuasi para korban. Satu helikopter terkena tembakan kelompok bersenjata, namun masih bisa diterbangkan. Helikopter itu dikirim untuk mengevakuasi delapan anggota TNI yang tewas dalam serangan kelompok sipil kemarin. Hingga saat ini belum diketahui jumlah pelaku penembakan dan dari kelompok mana, sebab masih terus dilakukan penyelidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s