Heli TNI Ditembaki di Bandara Sinak, Papua

KBR68H, Jayapura – Helly Puma yang hendak mengevakuasi jenazah TNI korban penembakan di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak ditembaki kelompok sipil bersenjata pagi tadi saat hendak mendarat di bandara Sinak. Akibat peristiwa ini, seorang kru helly terkena tembakan di bagian tangan.

Juru Bicara Kodam Cenderawasih, Jansen Simanjuntak mengatakan, karena penembakan, proses evakuasi batal dilakukan dan pesawat terbang menuju Mulia untuk pertolongan medis kru yang terluka. Meski demikian dipastikan proses evakuasi tetap akan dilaksanakan hari ini.

“Sekitar tadi jam delapan helly mau mendarat di bandara. Mungkin keterbatasan personil disana untuk laksnakan pengamanan, hellynya mendapat tembakan dari mungkin saya perkirakan dari kelompok yang kemarin. Kena bagian belakang helly dan mengenai salah satu kru,” ungkap Jansen.

Juru Bicara Kodam Cenderawasih, Jansen Simanjuntak menegaskan, saat ini pasukan TNI dibantu Kepolisian sudah dikerahkan untuk memperkuat pengamanan di bandara baik Sinak maupun Tingginambut, sehingga proses evakuasi bisa berjalan. Setidaknya dua helicopter milik TNI dibantu helly miliki misionaris diturunkan untuk melakukan proses evakuasi.

Sementara itu, saat ini di markas Kodam Cenderawasih sudah dilakukan persiapan upacara pelepasan 8 jenazah anggota TNI yang gugur dalam tugas di Puncak Jaya dan Puncak. Upacara pelepasan akan dipimpin langsung Panglima Kodam Cenderawasih, Christian Zebua.

Sebelumnya, kemarin pagi terjadi penyerangan anggota TNI oleh kelompok sipil bersenjata  di Distrik Tingginambut, Puncak Jaya dan Sinak, kabupaten Puncak. Delapan  anggota TNI tewas dan empat warga sipil lainnya. Anggota TNI yang tewas antara lain, bernama Pratu Wahyu Wibowo, Sertu Ramadhan, Sertu Muhammad Udin, Sertu Frans, Pratu Mustofa, Pratu Edi, Praka Jojo, dan Praka Idris, korban luka Lettu. Reza. Sementara korban tewas dari warga sipil hingga kini belum diketahui identitasnya. (Andi Iriani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s