Tak Aman, Dinas Pendidikan Papua Bakal Pindahkan Sekolah di Puncak

Tak Aman, Dinas Pendidikan Papua Bakal Pindahkan Sekolah di Puncak

Ilustrasi (Antara Foto)

KBR68H, Jayapura – Dinas Pendidikan Provinsi Papua berencana memindahkan seluruh murid dan guru yang ada di Distrik Ilaga dan Gome Kabupaten Puncak ke distrik lain yang tidak terlibat konflik.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua James Modouw mengatakan, rencana pemindahan itu akan benar-benar diambil bila konflik tidak kunjung berakhir di dua distrik tersebut.

“Jadi kalau pemerintah disana tidak mampu menjalankan itu memang program program ini harus dipindahkan. Cuma dalam jumlah yang banyak apakah ini sanggup atau tidak ini kan harus kita lihat. (Sekolah daruratuntuk tampung sementara?) Sekolah darurat bisa berjalan tetapi kondisinya persoalannya bukan karena sekolah darurat yang diperlukan tapi keamanan yang tidak menjamin mereka begitu,” ujar James.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua James Modouw mengatakan di Distrik Ilaga ibukota Kabupaten Puncak terdapat dua SD, satu SMP, dan satu SMK. Sementara di Distrik Gome terdapat satu SD.

Tiga tahun lalu terjadi konflik antarmassa pendukung dua calon bupati. Puluhan orang tewas dan ratusan luka. Hingga saat ini akitivitas pemerintahan, perekonomian, bahkan pendidikan belum berjalan maksimal.(Andi Iriani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s