Pemprov Papua Bentuk Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Pemprov Papua Bentuk Tim Terpadu Penanganan Konflik SosialPenjabat Gubernur Papua Constan Karma

KBR68H, Jayapura – Pemerintah Provinsi Papua membentu tim terpadu untuk penanganan konflik sosial di Papua. Hal ini untuk menindaklanjuti  Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 tahun 2013 tentang penanganan gangguan keamanan.

Penjabat Gubernur Papua Constan Karma mengatakan, tim terpadu ini berjumlah lima orang berasal dari lima lembaga yakni TNI, Polri, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kejaksaan dan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua. Tim ini akan membuat sebuah program untuk ditindaklanjuti Kementerian Polhukam. 

“Inpres ini memang baru keluar dan mengacu pada undang undang nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial. Jadi penanganan konflik sosial ini mendapat perhatian dari pemerintah untuk ditangani secara baik terutama gangguan gangguan sosial,” ujarnya.

Ia mengakui, selama ini yang berkaitan dengan pembiayaan penanganan konflik hanya diatur oleh kepolisian. Ia berharap, dengan adanya Inpres ini bisa dianggarkan dalam APBD. Tiga hal yang harus dilakukan dalam penanganan konflik yakni pencegahan, penindakan, dan pemulihan terhadap konflik yang terjadi.

“Tiga hal ini akan dibuat dalam sebuah program, yang paling penting adalah pencegahan terjadinya konflik baik vertical maupun horisontal,” kata Karma.

Ia menegaskan, penerapan tim ini tidak ada kekhususan untuk Papua mengingat propinsi ini rentan terhadap konflik baik vertikal dengan keberadaan Organisasi Papua Merdeka (OPM) maupun konflik horizontal seperti perang suku. “Sekarang yang penting untuk dilakukan adalah bagaimana mencegah kedua konflik ini tidak terjadi,” harapnya. (Andi Iriani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s