BI Papua: Waspadai Cuaca Buruk yang Sebabkan Inflasi

 

BI Papua: Waspadai Cuaca Buruk yang Sebabkan Inflasi Ilustrasi: Cuaca buruk (Antara Foto)

KBR68H, Jayapura – Bank Indonesia Perwakilan Papua menyatakan segenap pemangku kepentingan perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap tekanan kenaikan harga. Hal ini menyusul terjadinya inflasi cukup tinggi pada Januari yang tercatat 4,87 persen dari bulan sebelumnya 0,40 persen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua dan Papua Barat Aslan Lubis mengatakan, tingginya laju inflasi disebabkan faktor cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi. Kondisi ini menyebabkan naiknya harga komoditas ikan serta terganggunya produksi palawija. Situasi ini diperkirakan akan terjadi hingga dua bulan ke depan.

“Di minggu keempat Januari harga itu masih cenderung naik. Jadi bervariasi antara 0,05 persen sampai paling tinggi 15 atau 16 persen. Nah, dengan demikian bisa kita simpulkan pada Februari ini tekanan harga itu masih cukup tinggi,” kata Aslan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua dan Papua Barat Aslan Lubis menambahkan, dari hasil survei pemantauan harga yang dilakukan menunjukkan kecenderungan naiknya harga pada komoditas ikan dan palawija cukup tinggi pada kisaran 4-15 persen (bulan ke bulan). Sementara hasil survey konsumen menunjukkan tendesi kuat pada sisi permintaan.

Terkiat hal itu, lanjut Aslan, perlu dilakukan beberapa langkah antisipasi diantaranya, meningkatkan produksi lokal untuk memenuhi kebutuhan Papua, seperti daging, budidaya ikan, telur dan lainnya. Selain itu, meningkatkan kelancaran arus distribusi barang jasa ke seluruh pelosok Papua, memperbaiki struktur pasar pasar komoditas sehingga tidak dimonopoli yang mengarah kepada kartel. Serta memperbaiki mekanisme penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat. (Andi Iriani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s